Analisis Pengembangan Karir Pegawai Pada Kantor Sekretariat DPRD Sumatera Utara

Main Article Content

Mila Sastika
Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pengembangan karir yang diselenggarakan di Sekretariat DPRD  Sumatera  Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui wawancara dan observasi, sedangkan untuk menganalisis data dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pegawai di Kantor Sekretariat DPRD  Sumatera  Utara  telah melaksanakan upaya pengembangan karier individu dengan memenuhi persyaratan pengembangan karier pegawai seperti peningkatan basis pendidikan formal, peningkatam keterampilan, kemampuan dan pengetahuan terhadap pekerjaan, serta peningkatan pengalaman kerja pegawai. (2) Pihak manajemen (pimpinan) Sekretariat DPRD  Sumatera  Utara  telah memberikan dukungan untuk upaya pengembangan karier pegawai dengan cara memberikan dukugan dan memberikan rekomendasi terhadap peningkatan karier pegawai. (3) Sebagai organisasi, Sekretariat DPRD  Sumatera  Utara  telah melaksanakan sistem pengembangan karier sesuai dengan aturan yang berlaku, yang meliputi pengaturan/regulasi, kecukupan persyaratan dan kelengkapan administrasi, serta pemenuhan rasa keadilan dalam pengembangan karier pegawainya.


 

Article Details

How to Cite
Mila Sastika, & Nur Ahmadi Bi Rahmani. (2023). Analisis Pengembangan Karir Pegawai Pada Kantor Sekretariat DPRD Sumatera Utara. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1093–1100. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1235
Section
Articles

References

Anderson dan Schuller, 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Bahasa Indonesia, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Ekowati, 2005, Perumusan Kebijakan Publik, Penerbit Gramedia Jakarta

Handoko, T. Hani, 1998. Manajemen Personalia, BPFE, Yogyakarta.

Islamy 2007. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Bumi Aksara. Jakarta

Manullang. M. 1991. Manajemen Kepegawaian. Penerbit. Alumni Bandung.

Nasution, S, 2002. Metodelogi Penelitian Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 2000, Tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Struktural, nomor 100 tahun 2000.

Siagian Sondang, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesembilan Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Thoha. Miftah. 2010. Manajemen Kepegawaian Sipil Di Indonesia. Kencana. Jakarta

Yulk, Gary, 1996. Kepemimpinan dalam Organisasi. PT. Indeks, Jakarta.Pratiwi, I. D.,

Suryandari, N. A., & Susandya, A. A. (2019, Desember). Peran Independensi, Tekanan Waktu, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(2), 136 - 146.

Savitri, P. I., & A. A. N. B. Dwirandra. (2018, Februari). Time Budget Pressure Sebagai Pemoderasi Pengaruh Due Professional Care

dan Pengalaman Audit Pada Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1112-1140.

Megayani, N., Suryandari, N., & Susandya, A. A. (2020). Pengaruh Independensi, Due Professional Care dan Locus Of Control Terhadap Kualitas Audit Dengan Pengalaman Auditor Sebagai Variabel Moderasi Pada KAP di Provinsi Bali. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 133-150.

Fathimah, S. H. (2019). Pengaruh Due Professional Care, Independensi, Kompetensi Dan Fee Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta).

Permatasari, A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Semarang).

Br Manalu, T. (2018). Pengaruh Akuntabilitas, Kode Etik, Transparansi, Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus: KAP di JABOTABEK).

Rohman , A. (2018, Oktober 02). Pengaruh Kompleksitas Tugas, Tekanan Anggaran Waktu, Dan Independensi Auditor Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor Dan Implikasinya Pada Kualitas Audit. Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 3(2).

Pratiwi, I. D., Suryandari, N. A., & Susandya, A. A. (2019). Peran Independensi, Tekanan Waktu, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(2), 136 - 146.

Savitri, P. I., & A. A. N. B. Dwirandra. (2018, Februari). Time Budget Pressure Sebagai Pemoderasi Pengaruh Due Professional Care dan Pengalaman Audit Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1112-1140.

Rahmawati, W. (2018, Agustus 30). keuangan.kontan.com. Retrieved from https://keuangan.kontan.co.id/news/kasus-snp-finance- sri-mulyani-resmi-jatuhkan-sanksi-ke-deloitte-indonesia

Fathimah, S. H. (2019, Juli). Pengaruh Due Professional Care, Independensi, Kompetensi Dan Fee Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta).

Patriandari, & Heryanto, P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Due Professional Care Terhadap Kualitas Internal Audit Pada PT. OTO Multiartha Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1).

Zulkifli , U., Syawalina, C. F., & Khairunnisa. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Instansi Inspektorat Aceh. Kolegial, 6(2).

Permatasari, A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Transparansi, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Semarang) .

Bata, M. E. (2021). ENGARUH KEPEMILIKAN ASING, KOMITE AUDIT INDEPENDEN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP TRANSPARANSI INFORMASI. URNAL ILMIAH MAHASISWA AKUNTANSI, 10(2).

BR MANALU, T. (2018). PENGARUH AKUNTABILITAS, KODE ETIK, TRANSPARANSI, DAN FEE AUDIT TERHADAP KUALITAS

AUDIT (Studi Kasus: KAP di JABOTABEK).

Agustini, T. (2020). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure Dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit Di Bursa Efek Indonesia. Situmorang, M. R., & Pangaribuan, H. (2021, Agustus). Studi Terkait Profitabilitas Dan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomis,

(2).

Butar butar, A. P., & Pangaribuan, H. (2022). Pengaruh Kualitas Audit, Auditor Client Tenure Dan Opinion Shopping Terhadap Penerimaan Opinion Going Concern. Journal Scientific Of Mandalika, 3(11).

Fajriyah, F., & Damayanti, E. (2018). Pengaruh Independensi, Pengalaman Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kap Dbsd&A. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 15(3).

Putri, D. I. (2020, November 3). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Audit Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Audit", Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/diella62156/5fa0b496d541df71195c7f73/faktor-faktor-yang-. kompasiana.