Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh

Main Article Content

Zulfan Yusuf
Cut Isriana

Abstract

Peneliitian ini berjudul Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh. Secara umum kualitas SDM yang baik akan melahirkan produktivitas kerja yang tinggi pula, khususnya pada pegawai yang bekerja di instansi pemerintah. Unsur-unsur penting pada SDM yang berkualitas tersebut adalah motivasi kerja yang tinggi dan disiplin kerja yang baik. Kedua unsur ini, yaitu motivasi kerja dan disiplin kerja merupakan indikator SDM yang sangat penting yang akan menjadi pendorong, pembangkit, baik internal maupun ekternal, agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong sebanyak 34 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisis data untuk melihat pengaruh variabel terikat dengan variabel bebas menggunakan analisis persamaan regresi berganda. Uji hipotesis menggunakan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian memperlihatkan hubungan linier positif dan berhubungan erat antara motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pemberdayan Masyarakat Gampong, dengan nilai sig untuk X1 (0,018) dan X2 (0,000) atau lebih kecil dari a = 0,05. Secara simultan juga membuktikan bahwa faktor-faktor yang meliputi, motivasi kerja dan dan disiplin kerja, secara bersama-sama mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kota Banda Aceh, dengan nilai pengaruh sebesar 71,5%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 28,5%.

Article Details

How to Cite
Zulfan Yusuf, & Isriana, C. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 895–906. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1216
Section
Articles

References

Agus Ali Suharto, 2012. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, Vol. 1, Nomor 3, Desember 2012

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arnia, M, 2011. Evaluasi Kinerja Organisasi Pemerintahan Kabupaten Siak Propinsi Jambi. Jurnal Pemda Siak No. 16 Edisi X, Agustus 2011.

Danim, Sudarwan, 2014, Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta

Hamzah B. Uno, 2008. Teori Motivasi Kerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, Afrizal, 2014. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan BMT Bina Ihsanul Fikri. Jurnal Digilib UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Agustus 2014.

Hasibuan, Melayu S.P, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heidrachman Ranupandjo dan Suad Husnan. 2014. Manajemen Personalia, Edisi III, Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Lyne, Stephen, 2010. Accounting Measures, Motivation and Performance Appraisal, Issues In Management Accounting, Second Edition, Prentice Hall Europe.

Mahsun, Mohamad, 2014. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: Penerbit BPFE

Malhotra, Naresh K, 2010. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan, Alih Bahasa. Rusyadi Maryam, Edisi. Keempat, Jakarta: Indeks

Mardiasmo, 2014, Akuntansi Sektor Publik, Edisi Pertama, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Maryanti, H., A., 2012, Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran terhadap Perilaku, Sikap, dan Kinerja Pemerintah Daerah di Propinsi Nusa Tenggara Timur, (Tesis).

Matindas, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Lewat Konsep Ambisi, Kenyataan dan Usaha, Edisi II. Jakarta: Grafiti

Mitchel, 2012. People and Organization: An Intoduction to Organizational Behavior. Singapore: Mc Graw Hill, Inc.

Nitisemito S. Alex, 2014. Manajemen Personalia, Jilid II, Cetakan Keduabelas, Edisi Revisi, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Rivai Veithzal, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Cetakan keempat, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarboini, 2016. Performance of Employees and Inpact on Promotion of Position. Jurnal Ilmiah Peuradeun Vol. 4, No. I, January 2016 hal. (103-113).

Sedarmayanti, 2011. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju.

Siagian, Sondang P, 2012, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Simanjuntak, Payaman, 2014. Prinsip dan Konsep Produktivitas, Edisi Revisi, Cetakan ketujuh, Jakarta: Penerbit LPFE-UI.

Suliyanto, 2012. Metode Riset Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan Ke-15. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenada Media Group.