Analisis Sistem Dan Prosedur Pengadaan Kas Dan Pembayaran Dana Pensiun Pada PT Taspen (Persero) Pangkalpinang

Main Article Content

Oyifia Arisca
Suhaidar
Wenni Anggita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem dan prosedur pengadaan kas dan pembayaran dana pensiun Pada PT Taspen (Persero) Pangkalpinang. Sistem dan prosedur yang diteliti meliputi sistem pembayaran dana pensiun, prosedur pengadaan kas dan implementasi penggunaan taspen otentikasi.


Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari PT Taspen (Persero) Pangkalpinang sendiri, serta data sekunder yang diperoleh melalui situs web dan beberapa literatur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem dan prosedur pengadaan kas dan pembayaran dana pensiun pada PT Taspen (Persero) Pangkalpinang sudah dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan perusahaan. Respon pemohon terhadap sistem penggunaan taspen otentikasi positif, meskipun masih ada pemohon yang belum paham atau mengetahui sistem tersebut dikarenakan belum mahirnya dalam menggunakan smartphone

Article Details

How to Cite
Arisca, O., Suhaidar, & Wenni Anggita. (2023). Analisis Sistem Dan Prosedur Pengadaan Kas Dan Pembayaran Dana Pensiun Pada PT Taspen (Persero) Pangkalpinang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 877–883. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1197
Section
Articles

References

Kholifah, Siti dan I Wayan Suyadnya. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman Dari Lapangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Kusumaningrum, A. (2019). Analisis Pengaruh SIM, SOP dan Jaringan Distribusi Terhadap Supply Chain Manajemen (Studi Kasus Pada PT Lion Mentari Airlines). Widya Cipta, 3(1), 1-6.

Lestari, Soraya dan Devia Rani. (2020). Effect Of Service Quality And Effectiveness Of Use Of Taspen Authentication Application On Customer Satisfaction. Journal of Economics Science, 6 (2), 100–114. (http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jecs/article/view/1133, diakses 03 Desember 2022)

Muhaling, dkk. (2021). Implementasi Standar Operasional Prosedur (Sop) Layanan Pada Pt. Taspen (Pesero) Cabang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 572–581. (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36411, diakses 03 Desember 2022)

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi Edisi 4. Jakarta Selatan: Salemba Empat