Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas Dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Otomotif) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019

Main Article Content

Maryam Maryam
Zainuddin
Cut Hamdiah
Cut Rusmina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance, profitabilitas, dan sales growth terhadap tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Otomotif) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019. Data dalam penelitian ini yang Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Otomotif) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019 dengan menggunakan metode purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunujukkan bahwa corporate governance, profitabilitas, dan sales growth secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Otomotif) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,579 menunjukkan derajat hubungan (korelasi) antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 0,579 atau 57,9%, artinya tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Otomotif) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019 mempunyai hubungan yang sedang dengan corporate governance, profitabilitas dan sales growth. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,432 artinya setiap perubahan-perubahan dalam variabel tax avoidance dapat dijelaskan oleh perubahan-perubahan dalam variabel corporate governance, profitabilitas dan sales growth sebesar 0,432 atau 43,2% dan sisanya sebesar 56,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar dari penelitian.

Article Details

How to Cite
Maryam, M., Zainuddin, Cut Hamdiah, & Cut Rusmina. (2023). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas Dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Otomotif) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 798–811. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1192
Section
Articles

References

Agoes, Sukirno. 2016. Akuntansi Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2017. Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Brown. K. B. 2017. A Comparative Look at Regulation of Corporate Tax Avoidance. New York: Springer.

Chen, Shimin., Sun, Sunny. Y. J., & Wu, Donghui. 2017. Client importance, institutional improvements, and audit quality in China: An office and individual auditor level analysis. Accounting Review.

Christiawan, Yulius Jogi dan Tarigan, Josua. 2016. Kepemilikan Manajerial Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 9, No. 1. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Detiana, Tiana. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pembayaran Deviden Kas. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 11 (1):h:57-64. Jakarta: Universitas Trisakti.

Ependi, Hendi. 2020. Pengaruh Sales Growth, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Konservatisme Akuntansi, Intensitas Asset Tetap, Corporate Governance terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Jasa Keuangan dan Asuransi. Jurnal Prisma. Vol. 1, No. 1. Subang: STIE Sutaatmadja.

Fahmi, Irham. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Faizah, Siti Nur dan Adhivinna, Vidya Vitta. 2017. Pengaruh Return On Asset, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi. Vol. 5, No. 2. Yogyakarta: Universitas PGRI.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanafi, Umi dan Puji Harto. 2015. Analisis Pengaruh Kompensasi Eksekutif, Kepemilikan Saham Eksekutif dan Peferensi Risiko Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan. Journal of Accounting, Vol. 3, No.2. Semarang: Universuitas Diponegoro.

Harmono. 2016. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harahap, Sofyan Syafri. 2017. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayat, Wastam Wahyu. 2018. Pengaruh Profitbailitas, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Vol. 3, No. 1. Jakarta: UNIAT.

Hutagaol, Jhon. 2017. Perpajakan Isu-Isu Kontemporer. Jakarta: Graha Ilmu.

Imanta, Dea dan Satwiko, Rutji. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepemilikan Manajerial. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 13, No.1. Jakarta: STIE Trisakti.

Januari, Desak M.D., Suardhika, I Made S. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Sales Growth dan Profitbailitas terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 27, No. 3. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD.

Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kesuma, Ali. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go-Public Di BEI. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Kalimantan Tengah: Universitas Darwan Ali Sampit.

Mahdiana, Maria Qibti dan Amin, Muhammad Nuryatno. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi, Vol. 7, No. 1. Jakarta: Universitas Trisakti.

Melinda, F.I. 2017. Interdependensi Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 7, No. 2.

Munawir, S. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Prasetyo, Irwan dan Pramuka, Bambang Agus. 2018. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Proporsi Dewan Komisaris Independen terhadap Tax Avoidance. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 20, No. 2. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

Pohan, Chairil Anwar. 2016. Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahayu, Siti Kurnia. 2016. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santoso, Iman dan Rahayu, Ning. 2016. Corporate Tax Management. Observation and Research of Taxation (Ortax). Jakarta.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2017. Research Method For Business: A Skill Building Approach. Edisi 5. New York: John Wiley.

Suandy, Erly. 2016. Hukum Pajak. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanti CM. 2018. Pengaruh Konservatisme, Levarage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Public. Vol. 13, No. 2.

Tunggal, Amin Widjaja. 2016. Internal Auditing. Yogyakarta: BPFE.

Wahidahwati. 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Kebijakan Hutang Perusahaan: Sebuah Perspektif Theory Agency. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 5, No. 1.

www.id.co.id.

Most read articles by the same author(s)