Pengaruh Literasi Keuangan Pribadi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Main Article Content

Elly Lestari
Mesak Yandri Masela
Ignasius Narew
Johanis Nifan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan melihat pengaruh literasi keuangan dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap gaya hidup hedonisme Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif.  Penelitian ini dilakukan pada di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Data yang digunakan pada rsiet ini ialah data sekunder serta primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah interview, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa konsentrasi manajemen keuangan pada Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang yang berjumlah 40 orang. Metode dalam penentuan sampel yang digunakan pada pebnelitian ini ialah total sampling, yang mana keseluruan dari jumblah populasi dijadikan sampel. Oleh sebeb itu jumlah sampel yang akan digunakan pada riset ini ialah berjumlah 40 sampel mahasiswa konsentrasi manajemen keuangan pada Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Teknik analisa data yang digunakan ialah analisisi regresi liner berganda. Adapun hasil yang ditemukan dalam riset ini ialah literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap gaya hidup hedonisme dan Kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap gaya hidup hedonisme Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Article Details

How to Cite
Elly Lestari, Mesak Yandri Masela, Ignasius Narew, & Nifan, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Pribadi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 856–866. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1186
Section
Articles

References

Agustina, W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Widya Dharma Klaten, 1–101.

Chaudhuri. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: The role of brand loyalty. Journal of Marketing, 65(2), 81–93.

Chotimah, C. d. (2015). Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Skripsi Akuntansi.

Fudyartanta, K. (2012). Psikologi Kepribadian. Pustaka Pelajar Pelajar.

Kanserina, D. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis. Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1).

Maslahah. (2014). Pemikiran Asy-Syâtibî Tentang Maslahah Mursalah.

Ogba. (2009). Exploring the Impact of Brand Image On Customer Loyalty and Commitment in China. Journal of Technology Management in China, 4(2), 132–144.

Parmitasari, Alwi, dan S. S. (2018). Peran Kecerdasan Spiritual Dan Gaya Hidup Hedonisme Dalam Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 5(2), 147-162. ISSN-E: 2597-6990 ISSN-P: 2442-4951. https://doi.org/DOI: 10.24252/minds.v5i2.5699

Parmitasari. (2018). Pengaruh kecerdasan spritual dan gaya hidup hedonisme terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147–162.

Pulungan, D. M. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Seminar Nasional Royal (SENAR), 1(1), 401–406.

Shalahuddinta, A. d. (2014). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(2). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9134

Sina. (2012). Analisis literasi ekonomi. Jurnal Economia, 8(1), 135–143.

Sina dan Noya. (2012). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Manajemen Maranatha, 11(2).

Vaughan. (2002). Oftalmologi Umum (Edisi ke-1). EGC.

Yulianti dan Silvy. (2013). Sikap Pengelola Keuangan Dan Perilaku Perencanaan Investasi Keluarga di Surabaya. Journal of Business & Banking, 3(1), 57–68.

Zakiah. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di Universitas Jember). Skripsi. Universitas Jember.

Zohar dan Marshall dalam Rachmi. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro.

Most read articles by the same author(s)