Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi

Main Article Content

Jamali Jamali

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi di Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen. Sampel penelitian sebanyak 85 orang pegawai instansi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner. Selanjutnya peralatan analisis data yang digunakan adalah korelasi peringkat Rank Spearman’s. Hasil penelitian menemukan bahwa kepuasan kerja pegawai memiliki hubungan positif dan signifikan dengan komitmen mereka pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah komitmen pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen terkait erat dengan kepuasan kerja mereka. Karena itu, sebaiknya Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen selalu berupaya untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai dilingkungan instansi yang dipimpinnya.

Kata Kunci: Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja dan Korelasi Rank Spearman.

Article Details

How to Cite
Jamali, J. (2017). Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 1(2), 55–61. Retrieved from http://journal.lembagakita.org/index.php/jemensri/article/view/7
Section
Articles

References

Bahagia, Rahmat (2004), Hubungan Orientasi Kepemimpinan Struktur Inisiasi dan Konsiderasi dengan Kepuasan Kerja Karyawan, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 4, No. 2 : 133-140.

Handoko, T Hani (2001) Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, BPFE-UGM, Yogyakarta.

Kreitner, Robert dan Angelo Kanicki (2005) Perilaku Organisasi: Organizational Behavior, Buku I, Edisi 5, Terjemahan: Ely Suandy, Salemba Empat, Jakarta.

Luthans, Fred. (2002) Organizational Behavior, Seventh Edition. McGraw-Hill, Inc.

Malhotra, Naresh K (2005) Marketing Research An Applied Oritentation, Fourth Edition, New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Mathis, Robert L. dan Jackson, John H. (2001) Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat, Jakarta.

Rahman, Abdul dan Nurdin Muhammad (2001) Komitmen dan Kepuasan Pekerja di Dua Jenis Organisasi, Jurnal Pengurusan 20, 97-110.

Robbin, Stephen, (2008) Perilaku Organisasi, Edisi Kesepuluh, Prentice Hall, PT Indeks, Jakarta.

Santoso, Singgih (2000) SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Alex Media Komputindo, Jakarta.

Satria, Yudi (2005) Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dan Iklim Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Benefit, Vol. 9, No. 2, Desember 2005.

Soedjono (2005), Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan, Jurnal Mahasiswa dan Kewirausahaan, Vol. 7 No: 1: 22-47.